Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kadis PUPR Provinsi Jambi Muzakkir Minta Rekanan Pembangunan Stadion Swarnabumi Pijoan Muarojambi Sesuai Target

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Muzakkir bergerak cepat meninjau lokasi proyek, Kamis (25/7/2025). (IST)


Muarojambi, J24-Setelah mendapat sorotan dari Ketua Forum Aktivis Jambi Iin Habibi soal pengerjaan proyek tahun jamak (Multi Years) Pemerintah Provinsi Jambi terancam mangkrak, salah satu proyek Pembangunan Stadion Swarnabumi Pijoan Muarojambi yang progres hanya baru 37,22% bulan Juli 2024, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Muzakkir bergerak cepat meninjau lokasi proyek, Kamis (25/7/2025).
 
Usai dilantik Gubernur Jambi Al Haris di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin siang (22/07/2024) lalu, Muzakir langsung mengecek progres pengerjaan proyek proyek multiyears, sesuai dengan instruksi dari Gubernur Jambi Al Haris.

Setelah jalan proyek jalan Batang Asai, pada hari Kamis 25 Juli 2024, Muzakir  melakukan pengecekan perkembangan pembangunan Stadion Swarnabumi di Pijoan Muarojambi yang selama ini banyak disorot.

Pada kesempatan itu, Muzakkir melihat lansung kondisi terkini dan berdialog dengan penanggung jawab proyek dan pekerja. 


Kadis PUPR Provinsi Jambi Muzakir mengatakan, dia ingin memastikan pembangunan stadion yang merupakan salah satu program strategis Gubernur Jambi Al Haris itu selesai tepat waktu dengan kualitas yang baik.

”Alhamdulillah progresnya sangat baik, kondisi sekarang sudah kurang lebih 72,65 persen. Saya optimis pembangunan stadion Pijoan akan bisa terealisasi tepat waktu. Kontrak akan berakhir Desember 2024, bahkan kalau bisa kita usahakan sudah selesai sebelum kontrak habis. Ini program untuk masyarakat, Insya Allah 2025 sudah bisa dimanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.

Muzakir mengatakan, Gubernur Jambi ingin stadion ini nanti dapat memberikan multiefek bagi masyarakat.

"Mohon doa semuanya, Insya Allah program ini akan selesai tepat waktu dan memberikan manfaat positif terutama untuk generasi muda kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, sehari setelah dilantik jadi Kadis PUPR Provinsi Jambi, Muzakir langsung mengecek proyek pembangunan jalan Batang Asai. Jalan ini juga merupakan salah satu proyek multiyears yang menjadi atensi khusus Gubernur Jambi Al Haris.

Saat mengecek jalan Batang Asai, Muzakir juga optimis proyek jalan tersebut selesai tepat waktu dengam kualitas yang baik pula. 

Disorot

Seperti diberitakan sebelumnya, bukan hanya stadion bola, semua pengerjaan Proyek Multi Years seperti juga Islamic Center di Kota Jambi hingga Juli 2024 baru mencapai 55,91 persen. Begitupun dengan pengerjaan beberapa ruas jalan yang juga progres pembangunannya juga jauh dari target penyelesaian.

Pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur Multi Years di Provinsi Jambi dipastikan molor. Seperti Pembangunan Stadion Swarnabumi Pijoan Muarojambi dengan nilai kontrak Rp 250 Milyar. Progresnya hanya 37,22 Persen sedangkan kontrak pembangunan ini berakhir pada 23 Desember 2024.

Menyikapi hal itu, Ketua Forum Aktivis Jambi Iin Habibi kepada wartawan, Rabu (24/7/2024) mengatakan, progres pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi layak disoroti. Karena realitanya, hampir semua pembangunannya molor. 

"Apalagi pembangunan stadion bola yang minusnya tinggi progres nya terhitung bulan Juni 2024 hanya 37.22 Persen. Ini progres pengerjaannya sangat rendah, jauh dari target. Jadi, harus disikapi tegas. Jika sampai akhir perpanjangan waktu pengerjaan belum selesai juga, maka harus diputus kontrak dan disanksi blacklist,” tegasnya.

"Saya pesimis pengerjaan proyek stadion bola tersebut bisa selesai tepat waktu, mengingat progres pembangunan yang masih rendah dan waktu pengerjaan tinggal beberapa bulan lagi. Ini berpotensi mangkrak dan merugikan negara," kata Habibi.

Menurutnya, pihaknya meminta aparat penegak hukum serius untuk mengawasi proyek pembangunan tersebut. Karena sejak awal, pihaknya mencermati memang sudah terjadi cacat prosedural yang mana penganggaran perencanaan beriringan dengan penganggaran pembangunan.

Setidaknya ada empat proyek besar selama 3 tahun anggaran yakni TA 2022-2024. Empat proyek itu adalah Jalan Simpang Palawan, Sei Salak Pekan Gedang Kecataman Batangasai Sarolangun, Jalan Sipang Pudak Suak Kandis Muarojambi, Islamic Center di dekat Bandara Sultan Thaha Saiffudin Jambi dan Stadion Swarnabumi Pijoan Muarojambi.  

Kondisi Jalan Simpang Palawan, Sei Salak Pekan Gedang Kecataman Batangasai Sarolangun pada Mei 2024 progres sudah mencapai 68 persen, namun hingga pertengahan Juli 2024 belum juga tuntas. Tak bisa dipungkiri, penanganan ini dilaksanakan melalui inisiasi tahun jamak era kepemimpinan Gebernur dan Wakil Gubernur Jambi Al Haris - Sani.

Dimana, panjang jalan 61 KM yang mengalami rusak ringan, sedang dan sampai rusak berat itu kini sudah mulai tertangani, dengan metode pengaspalan dan rigid beton yang dialokasikan dari APBD Provinsi Jambi sebesar Rp 244.563.372.177,61 selama 3 tahun berjalan yakni TA 2022-2024. (J24-RedLee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar