Info Terkini

10/recent/ticker-posts

JE Organizer Sukses Adakan Konser BANGSO BATAK Jambi, Penonton Tembus Ribuan

Foto By: Moses Juneri Manihuruk

Jambi, J24-Jambi Ekspres JE Organizer bangga dan mengapresiasi masyarakat Provinsi Jambi etnis Batak yang begitu antusias dan rela membayar tiket beragan tarif menonton Konser BANGSO BATAK Jambi di Gedung Abadi Convention Center (ACC) Kota Jambi, pada Selasa 2 Juli 2024 mulai Pukul 18.30 WIB hingga Pukul 24.30 WIB.

Ternyata harga tiket mulai dari Rp 125.000 (Presale), Rp 175.000 (Presale A), Rp 225.000 (Presale B), Rp 275.000 (Silver), Rp 375.000 (Platinum), Rp 375.000 (Diamonds Wings Left-Right), Rp 425.000 (Platinum Plus), Rp 900.000 (Diamonds Plus), tidak membuat etnis Batak di Jambi mengurung niat untuk menyaksikan Konser Perdana BANGSO BATAK Jambi yang bertajuk “Bangga Jadi Orang Batak”.

 
Hal itu tampak dari penuhnya kursi yang berjumlah 2000 dalam Gedung ACC Kota Jambi. Penampilan artis-artis Batak asal Sumatera Utara seperti Duo Naimarata (Nora Sagala dan Nita Damanik), Osen Hutasoit, Jun Munthe dan Punxgoaran mampu menggebrak etnis Batak Provinsi Jambi yang menyaksikan konser tersebut.

Bahkan penonton yang hadir bukan hanya dari Kota Jambi, namun juga hadir etnis Batak dari Kerinci, Kota Sungaipenuh, Merangin, Sarolangun, Bungo, Tebo, Batanghari, Muarojambi, Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Mulai dari Batak Simalungun, Toba, Karo, Phakpak, juga ada etnis Nias. 

General Manager Jambi Ekspres Group, Sarkawi Harahap pada kesempatan tersebut mengapresiasi antusiasme ribuan warga masyarakat Batak se-Provinsi Jambi menyaksikan Konser Musik Bangso Batak tersebut. 

Hal tersebut menunjukkan, warga masyarakat Batak se-Provinsi Jambi yang sudah merantau berpuluh tahun atau generasi muda Batak yang lahir di rantau masih cinta seni dan budaya Batak.

Sarkawi Harahap mengharapkan, warga Batak yang tersebar di berbagai penjuru Provinsi Jambi dan bekerja di berbagai bidang diharapkan tetap berpartisipasi membangun Provinsi Jambi. Warga masyarakat di Jambi juga diharapkan bisa menjadi penggerak pembangunan.

“Kami mengharapkan warga masyarakat Provinsi Jambi etnis Batak yang bekerja di berbagai bidang bisa memberi warna yang baik guna memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Jambi. Saya juga mengapresiasi seluruh penonton yang tertib hingga konser usai,”katanya.

“Artis Batak dari Sumut ini hanya empat kali naik pesawat menuju Kota Jambi ini. Inilah kecintaan kita terhadap seni Budaya Batak di Provinsi Jambi. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Artis dan juga berbagai pihak yang berpartisipasi mensukseskan konser BANGSO BATAK ini,”pungkas Sarkawi Harahap.

Sementara EO JE Organizer, Dona Piscesika juga mengucapkan terimakasih kepada Jurnalis etnis Batak yang telah bersedia menghadiri undangan liputan konser tersebut. Juga menyampaikan terimakasih kepada undangan dari Tokoh Marga etnis Batak dan Tokoh Ormas Etnis Batak di Jambi. Dan tidak lupa kepada seluruh penonton yang sangat luarbiasa.

Konser Musik Bangso Batak Jambi 2024 tersebut tidak hanya menampilkan artis-artis dan musisi Batak papan atas dari Sumut. Artis dan musisi Batak lokal Jambi juga mendapatkan kesempatan tersebut. Konser musik Batak tersebut dibuka dengan tim musik tradisional Batak, “Pinasa Gondang” dan tim tari Batak.

Kemudian ada juga PN Trio (Martogi Simbolon, Jay Sihombing, Goxen Purba). Pada pembukaan konser, PN Trio tampil memukau dengan melantunkan dua tembang Batak yang cukup akrab di telingan penonton.


Tapil Memukau

MC Acara Artha Br Sitanggang dan Arie Geordani membawakan acara dengan enak dan meriah. MC Acara Artha Br Sitanggang dan Arie Geordani yang penuh ceria ini memanggilkan pertama Artis Batak Sumut kepada musisi muda Osen Hutasoit.

Osen Hutasoit yang namanya melambung sejak rilis Lagu "TARPAIMA" Ciptaan Osen Hutasoit tampil memukau. Seperti dilihat, lagu "Tarpaima"ini tayang di Channel YouTube Osen Hutasoit sejak 6 November 2021 dan telah ditonton 17.009.574 x ditonton.

Kemeriahan konser musik Batak dengan 10 suguhan lagu Osen Hutasoit tersebut ternyata belum berakhir kendati Osen Hutasoit sudah turun panggung. Kemeriahan konser musik Batak tersebut masih berlanjut dengan penampilan duet biduan Batak, Duo Naimarata.

Begitu tampil di panggung, Duo Naimarata, yakni Nita Damanik dan Nora Sagala langsung tancap gas dengan melantunkan "SAI HORAS MA HO TU SI BORU LOMOMI" Ciptaan Hendro Sinambela. Nada lengkungan suara Duo Naimarata yang berpadu dan serasi membuat penonton juga terhipnotis. Sebagian besar penonton juga turut menyanyikan lagu tersebut.

Duo Naimarata (Nora Sagala dan Nita Damanik) cukup dikenal kalangan Batak, termasuk di Jambi dengan lagu Hits mereka yakni "SAI HORAS MA HO TU SI BORU LOMOMI". Lagu ini merupakan Lagu Batak Terpopuler sejak 2 November 2020 lalu yang dirilis oleh Channel YouTube Pelita Danau Toba dengan jumlah view sebanyak 40.136.480 x ditonton. 

Lagu "SAI HORAS MA HO TU SI BORU LOMOMI" Ciptaan Hendro Sinambela ini merupakan sejarah lagu Batak yang mampu ditonton hingga 40 Juta kali dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Suara indah Duo Naimarata pada Lagu "Sai Horas Ma Ho Tu Siboru Lomomi" cukup venomenal.

Setelah itu, Duo Naimarata menggebrak dengan lagu rancak, “Dosdo Nangkokna” ciptaan Iran Ambarita dan “Rap” ciptaan Andolin Sibuea”. Beberapa lagu lain yang disuguhkan Duo Naimarata juga menggairahkan penonton. Tak ada lagu yang ditampilkan Duo Nimarata yang tidak diikuti penonton.

Kemeriahan Konser Musik Bangso Batak Jambi tersebut juga menampilkan artis dan musisi muda Batak, Jun Munthe. Dia melantunkan lagu-lagu hitsnya yang cukup akrab ditelingan penonton salah satunya berjudul “Haholongan”. 

Kemudian pada penampilan pemungkas ada personil Punxgoaran (Sihol Sukses) terdiri dari empat musisi yakni Guido Firdaus Hutagalung mengisi vokal, Ayub Damanik pada gitar, Rois Pulungan memainkan bass dari Kota Pematangsiantar.

Band Punxgoaran yang berasal dari Kota Pematangsiantar ini terbentuk sejak juni 2016 dengan bergenre Punkrock dengan gebrakan berbahasa daerah yaitu bahasa Batak. Mereka membawakan lagu hitsnya “Sayur Kol”dan “Sihol Sukses”dan lagu Batak popular lainnya. Para penonton benar-benar merasa puas menghadiri konser musik Batak tersebut.

Provinsi Jambi mencatat sejarah baru dalam dunia hiburan melalui sebuah konser musik Batak yang diberi tajuk Konser Bangso Batak Jambi 2024. Konser musik Batak ini diselenggarakan oleh group media terbesar di Provinsi Jambi yaitu Jambi Ekspres Group Organizer.

Adapun ide menyelenggarakan konser ini dilatarbelakangi oleh keinginan JE Organizer menyatukan peminat musik Batak yang ada di Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah masyarakat suku Batak di Provinsi Jambi tahun 2010 lalu hampir mencapai 65.000 jiwa. Jumlah ini tentu terus bertambah hingga tahun 2024.

Penampilan PN Trio, Duo Naimarata (Nora Sagala dan Nita Damanik), Osen Hutasoit, Jun Munthe dan Band Punxgoaran mampu menggebrak etnis Batak Provinsi Jambi yang menyaksikan konser Konser Bangso Batak Jambi 2024 bertajuk “Bangga Jadi Orang Batak” ini.(J24-AsenkLeeSaragih)



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar