Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Iklas Lepas Senator, M Sukur Pilih Benahi Kampung Halaman Merangin

M Sukur dan Dra Hj Elviana MSi, Senator Jambi.

Catatan Pinggir Pilkada 2024

Jambi, J24-Sebuah foto ditayangkan Anggota DPD RI Dapil Provinsi Jambi Dra Hj Elviana MSi lewat akun media sosial miliknya bersama M Sukur, sesama Senator Jambi Periode 2019-2024 dan terpilih kembali untuk Periode 2024-2029. "Senator M  Syukur: OTW BH 1 F Merangin".

Sebait kalimat dari Elviana, bentuk doa restu kepada M Sukur untuk berjuang di Pilkada Kabupaten Merangin, yang merupakan kampung kelahirannya. Suatu keputusan yang matang oleh seorang Senator yang sudah 15 tahun mengabdi di Senayan sejak pemilu 2014 silam. 

M Sukur bukan lagi mementingkan pribadi dan kelompoknya. Menjabat sebagai senator selama 20 tahun, rasanya sudah lebih dari segalanya. Kini M Sukur rindu membangun kampung halamannya Kabupaten Merangin yang hingga kini pembangunannya masih jauh dari harapan. 

Disatu sisi, M Sukur memberikan lampu hijau PAW kepada nomor urut 5 perolehan suara Pileg DPD RI pada 14 Februari 2024 lalu. Dengan mundurnya M Sukur sebagai Anggota DPD RI terpilih Periode 2024-2029, membuka jalan kepada H Abu Bakar Jamalia yang saat Pileg meraih 140.945 suara.

Saat Pileg 14 Februari 2024 lalu, empat senator Jambi yang terpilih adalah 1.Dra. Hj. ELVIANA, M.Si : 291.333 suara, 2.IVANDA AWALINA FIRDAUSI SUKANDAR : 272.892 suara, 3.H. M. SYUKUR, SH  MH: 237.540 suara dan 4.M. SUM INDRA, SE  MM SI: 166.140  suara. 

Menetapkan tekad maju di Pilkada Merangin, ternyata M Sukur langsung dilirik banyak partai politik, khususnya yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Merangin. Setidaknya hingga saat ini Parpol yang mengusung  M. Syukur yang berpasangan dengan Khafid Moein yakni PAN, NasDem, PKS, PKB, Demokrat. 

Dari koalisi 5 parpol ini, Paslon M. Syukur-Khafid Moein (SUKA) mendapat 17 dari 35 kursi Anggota DPRD Kabupaten Merangin dan lebih dari memenuhi syarat untuk mendaftar di KPU Merangin akhir Agustus 2024 mendatang.

Daftar 17 Anggota DPRD Kabupaten Merangin terpilih Periode 2024-2029 : PKB: 1.Nasihin, 2.Abdul Khalim, 3.Amri Saham. NasDem: 1.Muhammad Yani, 2.Pahala Junior Pasaribu, 3.Muhammad Helmi, 4.M Haris. 

Kemudian PAN: 1.Muhammad Rifaldi, 2.Mira Sartika, 3.Rahmat Hidayat, 4.Taufik, 5.Al Hanim Assodiki dan PKS: 1.Zainal Amri, 2.Haryanto. Demokrat:1.Satria Abadi, 2.Asy’ari El Wakas Apuk, 3.Patria Nusa Nanta Samosir.

Bentuk Posko Pemenangan

Pasangan bakal calon Bupati Merangin, M. Syukur-Khafid Moein (SUKA) kini telah meresmikan Posko koalisi dengan cara yang di luar kebiasaan, yakni sembari menyalurkan santunan kepada 137 anak yatim di Nalo Tantan. Acara ini dihadiri para ketua partai koalisi. Menjadi simbol solidaritas politik serta kepedulian sosial.

Peresmian posko itu dilakukan Jumat pagi, 3 Agustus 2024. Tampak suasana di Komplek Pertokoan Jalan Tiga Jalur, Desa Sungai Ulak, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin, terasa lain dari biasanya. 

Para pendukung dan simpatisan partai koalisi PAN, PKB, NasDem, PKS mempersiapkan acara peresmian Posko Koalisi Partai Pengusung pasangan bakal calon Bupati Merangin, M. Syukur-Khafid Moein (SUKA) dengan mantap. Peresmian posko ini menandai langkah penting dalam persiapan menghadapi pemilihan bupati dan wakil bupati Merangin 27 November 2024.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh politik dan pimpinan partai pengusung pasangan SUKA. Ketua DPC PKB Kabupaten Merangin, Nasihin, Ketua DPD NasDem, M. Yani, Ketua DPD PAN, Ahmad Khausari, Ketua DPTD PKS, Rustam Effendi, dan Sekretaris Demokrat, Havies Cay, yang mewakili Ketua DPC Partai Demokrat, As’ari Elwakas, semua hadir untuk memberikan dukungan. 

Para pimpinan partai ini menunjukkan solidaritas dan komitmen kuat untuk memenangkan pasangan SUKA dalam pilkada mendatang. Selain peresmian posko, acara ini juga diiringi dengan penyerahan santunan kepada 137 anak yatim yang berasal dari wilayah Kecamatan Bangko dan Nalo Tantan. Kegiatan sosial ini menjadi simbol kepedulian dan tanggung jawab sosial dari pasangan SUKA dan partai koalisi kepada masyarakat sekitar.

Ahmad Khausari, Ketua DPD PAN Kabupaten Merangin, yang juga ditunjuk sebagai Ketua Koalisi Partai Pengusung SUKA, menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya acara ini.

"Alhamdulillah, hari ini, Posko Koalisi Partai Pengusung Pasangan SUKA diresmikan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Merangin, M. Syukur-Khafid Moein (SUKA). Atas petunjuk Pak Syukur, peresmian ini disandingkan dengan pemberian santunan untuk anak yatim. Kami sampaikan bahwa jumlah anak yatim yang kita hadirkan hari ini berjumlah 137 orang,” ujarnya.

Khausari menekankan pentingnya sinergi antara partai koalisi dan tim pemenangan untuk mencapai kemenangan.

“Kami yakin dan percaya, kemenangan pasangan SUKA dalam genggaman. Namun, kemenangan SUKA tidak akan terwujud jika hanya mengandalkan koalisi partai pengusung. Tapi juga harus bersinergi dengan tim pemenangan dan tim sayap lainnya,” tambahnya.

Bacalon Wakil Bupati Merangin, Khafid Moein, juga menyampaikan keyakinannya saat berpasangan dengan M. Syukur. Menurutnya, dengan pengalaman M. Syukur di DPD/MPR RI selama 15 tahun, pasangan SUKA dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Merangin menuju Merangin Baru 2024.

"Saya ingat betul pada tahun 2002 yang lalu. Ketika itu saya menjadi kadis perhubungan. Waktu itu, pemerintah pusat akan membangun bandara di Kabupaten Merangin. Tim survei sudah menentukan dan menyatakan bahwa Kabupaten Merangin sangat strategis untuk dibangun bandara. Namun, karena ketiadaan keterwakilan kita di pusat, kita kalah lobi dari Kabupaten Bungo. Hingga akhirnya bandara dibangun di Bungo. Semoga dengan adanya pengalaman Bang Syukur, hal seperti ini tidak terjadi lagi,” ungkapnya.

Sementara M Syukur dalam sambutannya lebih bersikap santai dan banyak bersenda gurau. Ia mengenakan kemeja berotif garis biru putih dan berseloroh soal penampilan seragam Koalisi SUKA yang lebih bagus dari baju yang ia kenakan.

“Ketika melihat baju Koalisi SUKA, saya merasa minder, baju koalisi nampaknya lebih bagus dari baju saya. Baju berwarna hitam menandakan sudah siap tempur memenangkan SUKA,” selorohnya, disambut tepuk tangan dan gelak tawa anggota Partai Koalisi SUKA sembari menyebutkan para ketua partai yang hadir.

“Kami sepertinya memang ditakdirkan berpasangan tahun ini. Ada kemudahan yang luar biasa saat berpasangan dengan Pak Khafid. Dulu, ketika Syukur mencalonkan diri, banyak orang yang berkata, Syukur itu dapat partainya dari mana. Syukur bukan kader partai. Tapi nyatanya, semua dimudahkan. Insya Allah, partai koalisi saat ini tidak akan berkurang, tapi malah bertambah,” bebernya.

Mengakhiri acara, Bang Syukur menyoroti pentingnya berbagi kepada sesama. “Hari ini, kita juga berbagi bersama 137 anak yatim sebagai penerima santunan. Target saya, Insya Allah, sebelum deklarasi, saya ingin minimal 1.000 anak yatim sudah kita santuni,” katanya.



Muhammad Syukur terus melakukan safari politiknya lintas desa, kecamatan di Kabupaten Merangin. Saat blusukan di wilayah Kecamatan Tabir lintas, dihadapan puluhan masyarakat yang hadir, H Muhammad Syukur ini menyatakan komitmennya maju Pilkada Merangin tahun 2024, tidak ada niat lain hanya ingin mengabdikan dirinya untuk kemajuan Merangin.

"Ini adalah pertemuan awal dan silatuhrahmi kita. Ini adalah awal perjuangan kita untuk bersama membentuk dan memantapkan kemenangan kita. 'Alhamdulillah Hari ini perwakilan setiap desa di Kecamatan Tabir Lintas hadir semua. Kemudian kita lihat ada beberapa orang tokoh dan juga mantan kades, dan juga tim srikandi, Tim Keluarga SUKA juga hadir disini. Terimakasih sudah datang kesini," kata M Syukur.

Dirinya berharap agar masyarakat dan tim yang hadir untuk tidak ada keraguan lagi dalam berjuang bersama SUKA dalam pilkada 2024 ini. 

"Banyak yang bertanya dan ragu, pak Syukur ini jadi maju atau tidak? Sekali lagi saya tegaskan kalau untuk syarat saya maju dukungan parpol sudah selesai. Jangan ragu lagi, mari kita berjuang bersama mengajak dan menyampaikan tujuan kita dalam memenangkan SUKA," tegas Syukur disambut teriakan SUKA Menang 2024.

Kata M Syukur, dirinya maju pilkada Kabupaten Merangin tidaklah untuk mencari kesenangan, melainkan dirinya ingin berbuat lebih untuk Masyarakat Kabupaten Merangin.

"Kalau saya mencari kesenangan, untuk saya keluarga sudah cukup pak. Kalau saya tetap di DPD, saya bisa jadi wakil pimpinan, banyangkan berapa yang saya dapat. Tapi apa lagi yang saya cari, kalau saya tidak bisa berbuat lansung dan tidak bisa berbuat banyak untuk masyarakat Merangin. Saya pulang ke Merangin, niat ingin berbuat dan ingin Merangin bisa maju. Itu saja tidak ada niat lain," ujar M Syukur sambil disambut tepuk tangan masyarakat Tabir yang hadir. 

M Syukur juga berpesan kepada tim yang dikasih tugas untuk memenangkan setiap desa yang ada di wilaha Kabupaten Merangin secara umum dan wilayah Kecamatan Tabir Lintas khususnya.

"Jangan ikut mencemooh, jangan ikut memfitnah, tugas kita hanya satu berjuang. Karena saya tidak ingin ada perpecahan nantinya. Saya maju ini tidak ada niat membedakan siapapun, masyarakatnya dari mana. Tapi bagaimana kita bisa secara bersama untuk membangun Merangin yang kita cintai ini," harap Syukur.

Selain itu M Syukur juga menyebutkan, motivasi dirinya maju sebagai bacalon Bupati Merangin dalam  Pilkada 2024 karena Kabupaten Merangin merupakan tanah kelahiran dirinya. 

"Saya lahir dan dibesarkan di sini, kawan-kawan, keluarga memberikan dukungan, support kepada saya khususnya masyarakat Merangin," lanjut Syukur.

Dirinya yang baru terpilih sebagai Anggota DPD - RI, M Syukur mengatakan kalau hal itu demi untuk membangun Kabupaten Merangin lebih baik kedepannya, ia siap akan mengundurkan diri dan meninggalkan jabatan tersebut.

“Kalau kita bicara posisi yang akan kita tinggalkan semuanya pasti bicara sayang, berbicara uang, berbicara jabatan, tapi bukan masalah sayang tidak sayang memang sudah konsekuensinya dalam politik, saya juga belum pasti terpilih jadi Bupati. Intinya sekali lagi saya hanya ingin berbuat untuk masyarakat Merangin ini," kata M Sukur.

Putra Asli Sungai Manau

Lahir di Sungai Manau 15 Juli 1981. Dari lembah Sungai Manau yang tenang hingga ke gedung-gedung tinggi Universitas Jayabaya, perjalanan H. Muhammad Syukur, S.H., M.H. adalah perjalanan yang dramatis, dipenuhi dengan dorongan untuk mencapai yang terbaik.

M. Syukur, S.H merupakan senator wakil Provinsi Jambi lahir di Sungai Manau, tanggal 15 Juli 1981. Selain sebagai politisi, M . Syukur yang merupakan magister hukum lulusan Universitas Jayabaya ini juga dikenal sebagai aktivis, pengacara dan artis. Setelah memperoleh suara sebesar 235.943, M. Syukur kembali terpilih sebagai anggota DPD RI periode tahun 2014 – 2019.

Khafidh Moein

Sosok calon wakil bupati Merangin M Khafidh Moein, adalah mantan Wakil Bupati Merangin dan kini duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi jambi Periode 2019-2024 Fraksi PDIP.

M Khafidh Moein juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Merangin. Khafidh Moein juga sempat dikritik internal partai karena mengumumkan dirinya akan berpasangan dengan M. Syukur sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Merangin dengan nama pasangan SUKA (Syukur-Khafidh).

Keputusan Khafidh Moein untuk menjadi wakil dari M. Syukur dianggap oleh sebagian pihak sebagai pelanggaran AD/ART partai, karena tidak melalui mekanisme partai yang seharusnya. Khafidh Moein, yang masih menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Merangin hingga kongres berikutnya, dikritik karena dianggap tidak melakukan konsolidasi dengan pengurus partai dari tingkat DPC, PAC hingga ranting.

Namun Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai, Samsul Anwar, membantah adanya pelanggaran AD/ART oleh Khafidh Moein. Ditegaskan, Khafidf Moein berpasangan dengan M Syukur itu atas dasar pribadi beliau sebagai tokoh Jawa.

Di sisi lain, perolehan suara PDIP di Kabupaten Merangin hanya 2 kursi di bawah 20 persen. Dalam hal ini, PDIP juga membutuhkan koalisi untuk memajukan kadernya. Jadi, kalau ada yang mengatakan Khafidh Moein salah, tidak benar.

"Salah satu isi surat tugas itu adalah menugaskan untuk melakukan konsolidasi dengan pengurus partai mulai dari DPC, PAC hingga ranting. Artinya, konsolidasi itu dilakukan setelah surat tugas turun. Kalau surat tugas belum turun kita sudah konsolidasi, ya itu hanya menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran saja jika nantinya surat tugas itu diberikan kepada calon yang lain," ujar Khafidh Moein dalam satu kesempatan kepada wartawan.

"Saya juga belum mengumpulkan para pengurus dan kader PDIP Merangin karena rekomendasi itu juga belum tentu diberikan kepada saya,"terangnya.

Mantan Wakil Bupati Merangin, Khafid Moein kini tampaknya kian pede maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Merangin pada 27 November 2024 mendatang. Nama Ketua DPC PDIP Merangin, Khafid Moein sendiri saat ini sudah dikenal hampir seluruh masyarakat di Kabupaten Merangin.

Betapa tidak, Khafid Moein sendiri pernah menang dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Merangin beberapa tahun lalu, saat berpasangan dengan Al Haris. Lewat kemenangan itu, Khafid Moein pun menjabat sebagai Wakil Bupati Merangin selama 5 tahun.

Hampir melanjutkan jabatannya di periode kedua, namun langkahnya terhenti dalam Pilkada Merangin tahun 2018. Khafid Moein yang saat itu berpasangan dengan Nalim, kalah dengan rivalnya Haris-Masuri di Pilbup Merangin 2018.

Tak sampai disitu, namanya yang sudah dikenal masyarakat membuat Khafid Moein duduk di kursi empuk DPRD Provinsi Jambi, dalam Pileg Provinsi Jambi di Pemilu 2019. Makin di kenal masyarakat, kini Khafid Moein makin pede maju di Pilbup Merangin 2024.

Bersama M Sukur, Khafid Moein mengaku serius maju di Pilbup Merangin 27 November 2024 untuk menang. "Ya insyaallah kita maju di Pilbup Merangin 2024 dan menang," pungkas Khafid Moein yang juga pria berdarah Jawa ini.

Anggota DPRD Kabupaten Merangin terpilih Periode 2024-2029

Gerindra:
1.Bribka Ahmad Fahmi
2.Haszil Aima Putra
3.Syaiful Hadi
4.Safriyon

PDIP:
1.Toni Irwan Jaya atau Sri Amin
2.Darmadi

GOLKAR:
1.Mulyadi atau Hasan Jalil
2.Herman Efendi
3.Samdianto
4.Sukar

PPP:
1.Aditya Nugraha Illahi
2.Teguh Wahyudi
3.Parhan 

Perindo:
1.Indra Geni
2.Sukadi
3. Hasren Purja Sakti

Hanura:
1.M Yuzan 

PKN:
1.A Thalib.

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar