Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN UNAND Pauh Duo Nan Batigo Demonstrasi Pembuatan POC Urin Ternak

Mahasiswa KKN UNAND Pauh Duo Nan Batigo Demonstrasi Pembuatan POC  Urin Ternak .

Oleh: Husna Fadilla Handesya

Sumbar, J24-Sejumlah Mahasiswa KKN UNAND Pauh Duo Nan Batigo yang didampingi oleh dosen fakultas teknik Dr. Eng. Jon Affi, S.T.,M.T melakukan lokakarya kepada kelompok ternak tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2024. Mahasiswa KKN Pauh dari jurusan Kimia melakukan sosialisasi dan demonstrasi terkait pembuatan POC urin ternak.

Pupuk organik dapat dibuat dengan berbagai cara dan teknik, salah satunya yaitu POC urine ternak. POC merupakan pupuk yang berasal dari bahan organik dan dicampur dengan decomposer EM4. 

Bahan organic yang digunakan disini adalah bahan yang berasal dari urin hewan ternak seperti sapi, kambing, atau domba. Pupuk ini mengandung nutrisi yang penting bagi tanaman, seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan mikroorganisme yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. 

Kesuburan tanah merupakan hasil dari beberapa kombinasi seperti fosfor yang sangat penting untuk pertumbuhan akar, kalium diperlukan untuk sintesis protein, fotosintetis lalu mikroorganisme juga membantu dalam proses mineralisasi merupakan yang mengubah bahan organic menjadi sebuah bentuk yang dapat diserap oleh tanaman.

Banyak masyarakat yang belum mengetahui terkait adanya pupuk yang berasal dari bahan urin hewan ini. Terlebih, pemanfaatan untuk pupuk yang lazim dilakukan adalah dari kotoran hewan. Informasi mengenai pengolahan dari urin masih terbatas dan cukup mumpuni untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat dari urine hewan. 

Hal ini juga mematahkan pandangan masyarakat terlebih biasanya urin ternak hanya menjadi hal yang mengganggu (dari segi bau) dan ternyata bisa sebermanfaat ini. Manfaat atau pengolahan dari urine hewan ternak, masyarakat di Nagari Pauh Duo Nan Batigo masih minim bahkan hampir tak pernah dijamah oleh masyarakat dewasa ini. 

Kehadiran mahasiswa KKN mengambil peran dari keterbatasan informasi mengenai pengolahan urin ternak menjadi pandangan baru masyarakat mengenai menganai manfaat dan pengolahan dari urine hewan ternak. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Andalas melakukan sosialisasi dan demonstrasi menganai POC URIN TERNAK. (Penulis Adalah Mahasiswa KKN dari Universitas Andalas Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Minangkabau)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar