Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Panitia Pesta Budaya Dan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan 2024 Bolahan Amak Tambun Raja Sosialisasi Di Jambi

Panitia Pesta Budaya Dan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan 2024 Bolahan Amak Tambun Raja Sosialisasi Di Jambi.

Jambi, J24 - Perhelatan Pesta Budaya dan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan Ualu Turpuk (Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja) diadakan di Silalahi Nabolak Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara mulai tanggal 15 hingga 17 November 2024.

Setelah Tugu/Makam Raja Silahisabungan diresmikan pada tahun 1981, setiap tahunnya Pesta Budaya dan Luhutan Bolon tetap diadakan dengan Panitia Pelaksana (Bolahan Amak) Pomparan Raja Silahisabungan bergiliran mulai dari 1. Loha Raja, 2. Tungkir Raja, 3. Sondi Raja, 4. Butar Raja, 5. Dabariba Raja, 6. Debang Raja, 7. Batu Raja dan 8. Tambun Raja.

Adapun tujuan dilaksanakan Pesta Budaya dan Luhutan Bolon ini, untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua berkat dan anugerah-Nya kepada keturunan/pomparan Raja Silahisabungan (Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja) dari berbagai daerah di Nusantara dan dunia, dalam bingkai sosial dan budaya tanpa membedakan status sosial dan agama/kepercayaan yang di anut.

Sekaligus merawat silaturahmi dan solidaritas seluruh Pomparan Raja Silahisabungan Ualu Turpuk di Nusantara dan dunia lintas generasi dalam ikatan kasih dan kekeluargaan, saling hormat menghormati, saling peduli dan saling mengasihi, sebagaimana terpatri dalam falsafah Batak, "Dalihan Na Tolu."

Pesta Budaya dan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan tahun 2024 ini sebagai Bolahan Amak Tambun Raja dengan mengambil Tema, "Dalam Hidup Rukun, Ada Banyak Berkat," sementara Sub Tema, "Dengan melakukan Poda Sagu-Sagu Marlangan (PSSM) akan memperkokoh kerukunan dan persaudaraan di antara keturunan/pomparan Raja Silahisabungan Ualu Turpuk."

Adapun Penasehat dan Panitia Pesta Bolahan Amak Tambun Raja tahun 2024 ini yang telah dilantik Raja-Raja Turpuk di Silalahi Nabolak adalah sebagai berikut:

Penasehat: 1. St Ir Panahatan Tambunan ( Bagan Batu - Sumut), 2. Tony Tambunan (Bekasi), 3. Elfrud Tambunan (Jambi), 4. Daslan Tambunan (Duri), 5. Rudi Hartono Tambunan (Pekanbaru), 6. Risman Tambunan (Sidikakang), 7. Ganda Tambunan (Pangururan - Samosir), 8. Timbang Tambunan (Pematangsiantar) dan 9. Ny Tambunan br Situmorang (Sumbul Pegagan).

Sementara Ketua Panitia: 1. Ketua Umum : Tohom Rudiyanto Tambunan ( Batam), 2. Wakil Ketua Umum: Alfonsus Tambunan (Depok), 3. Sekretaris Umum: Daniel H Tambunan (Karawang), 4. Wakil Sekretaris: AH Tambunan (Tjb Karimun) dan 5. Bendahara: Pirmauli br Tambunan (Lampung).

Panitia Bolahan Amak Tambun Raja yang di Ketua Tohom R Tambunan beserta Penasehat St Ir Panahatan Tambunan sosialisasi tentang perhelatan Pesta Budaya dan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan pada Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boru se Kota Jambi Nahumaliangna, Senin malam (5/8/2024) di Rumah Kel ER Simanungkalit/N br Tambunan yang juga pemilik PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematangsiantar dan Pematangsiantar - Jambi sekaligus Bendahara Punguan.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Penasehat Punguan PM Sinurat/Br Naibaho, H Tambunan/Br Nainggolan dan L Tambunan, SE/Br Pasaribu.

Badan Pengurus Harian (BPH) Ketua Umum H Tambunan, S.Pd/Br Simorangkir, Ketua I F Sinabutar/Br Simarmata, Ketua II Tambunan/Br Panjaitan (+), Ketua III St B Sidebang, SP/Br Girsang, Sekretaris Umum T Pintubatu, S.Pd/Br Nainggolan, Bendahara ER Simanungkalit/Br Tambunan, Ketua Seksi Adat Ap Riduan Sinurat/Br Nainggolan, E Tambunan/Br Hutapea (+) dan Br Tambunan dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam pemaparannya Ketua Bolahan Amak Rudiyanto Tambunan menyatakan mereka telah keliling lewat jalan darat dari Provinsi yang satu ke Provinsi yang lain untuk mengunjungi Pomparan Raja Silahisabungan dimanapun berada untuk mensosialisasikan Pesta tersebut setelah mendapat mandat dari Raja Turpuk. Panitia yang terpilih secara resmi diberangkatkan oleh Raja-Raja Turpuk melalui doa dari Silalahi Nabolak.

Ketua Panitia Bolahan Amak mengharapkan agar Anggota Punguan Pomparan Raja Silahisabungan yang ada di Kota Jambi turut serta mensukseskan Pesta tersebut dan kehadiran Pomparan Raja Silahisabungan Kota Jambi sangat diharapkan.

Hal senada juga disampaikan St Ir Panahatan Tambunan sebagai Penasehat Panitia Bolahan Amak, agar Pesta Budaya dan Luhutan Bolon sukses tahun 2024 ini mari kita Pomparan Raja Silahisabungan yang ada di Kota Jambi ini bergandengtangan bersama untuk mensukseskan Pesta tersebut.

Selanjutnya Panahatan Tambunan memohon doa dari Anggota Punguan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna Kota Jambi Nahumaliangma agar pelaksanaan Pesta pada tanggal 15 s/d 17 November 2024 yang datang berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. 

Dan lupa Panahatan Tambunan mengajak  Pomparan Raja Silahisabungan yang ada di Kota Jambi ini ikut serta dalam Pesta tersebut. Panahatan Tambunan memberikan Proposal Dana untuk kebutuhan pesta kepada Kel ER Simanungkalit/N br Tambunan dan Ketua Umum Panitia Tohom Rudiyanto Tambunan memberikan Proposal kepada Ketua Umum Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna H Tambunan, S.Pd/Br Simorangkir didampingi Sekretaris T Pintubatu, S.Pd/Br Nainggolan.

Atas kehadiran Panitia Bolahan Amak Tambun Raja ke Jambi Penasehat dan Badan Pengurus Harian (BPH) Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna yang beranggotakan 760 KK mengucapkan banyak terima kasih, kiranya dalam perjalanan menuju Kabupaten di lingkup Provinsi Jambi Tuhan Yesus Kristus menyertai dan memberikan berkat yang berkelimpahan bagi kita Pomparan Raja Silahisabungan dimanapun berada.

Penasehat dan BPH Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna dengan kesepakatan bersama mendukung dan ikut mensukseskan Pesta Budaya dan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan 2024 yang di ketuai oleh Tohom Rudiyanto Tambunan beserta pengurus lainnya dan tidak menerima Panitia yang lain. (J24/FS).  







Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar