Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Balon Cagub dan Cawako Serta Anggota Dewan Jambi Hadiri Pesta Olob-Olob GKPS Resort Jambi Tahun 2024

(ki-ka) St Awal Damanik dan Istri, Djokas Siburian dan Istri, H A Rahman, Maria Magdalena Br Tampubolon, Ny St RK Purba Br Sitepu, Hendra Bongso, St Ir Daulat Sitorus. (Foto: Moses Juneri Manihuruk)

Jambi, J24-Bakal calon gubernur Jambi dan calon walikota Jambi serta Anggota DPRD Kota dan Provinsi Jambi hadiri Pesta Olob-Olob (Sukacita) 121 Tahun Pekabaran Injil di Simalungun Tingkat GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun) Resort Jambi di gereja GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (16/9/2024).
 
Undangan khusus yang hadir ini yakni anggota DPRD Provinsi Jambi, St Daulat Sitorus, anggota DPRD Kota Jambi, Djokas Siburian, Maria Magdalena Br Tampubolon, Hendra Bongsu, Sumarsen Purba, bakal calon (balon) Wali Kota Jambi, HA Rahman dan perwakilan dari balon Gubernur Jambi, H Romy Haryanto.

Selain undangan khusus, juga hadir Simpatisan GKPS Jambi yakni dr Amran Sinaga dan Istri dr Br Girsang. Pada kesempatan itu keluarga simpatisan GKPS ini menyumbang Rp 5 Juta kepada panitia.

Pada kesempatan tersebut, undangan khusus ini mendapatkan cendera mata berupa "hiou" (kain adat Simalungun) kepada para anggota dewan dan balon Gubernur dan Walikota Jambi tersebut. Para undangan khusus ini juga memberikan donasi kepada Panitia sebagai ucapan syukur.



Hiou tersebut diserahkan utusan Pimpinan Sinode GKPS, Pdt Afrijan Haloho STh, Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Rudyard N Saragih, SSi-Tehologia, anggota Sinode Bolon (Sidang Raya) GKPS dari GKPS Resort Resort Jambi, St Awan J Damanik, SE, MM, sesepuh GKPS Jambi, Ny St RK Purba Br Sitepu dan Ketua Panitia Pesta Olob-olob GKPS Jambi, Afrin Saut Girsang menyerahkan

Di hadapan sekitar 500 warga jemaat se-GKPS Resort Jambi, utusan balon Gubernur Jambi Romi Haryanto menyampaikan apresiasi terhadap undangan Panitia Pesta Olob-Olob GKPS Resort Jambi Tahun 2024. Juga berharap toleransi umat beragama tetap terjaga di Provinsi Jambi.

Sementara anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2024 – 2029 yang dilantik 9 September 2024, Daulat Sitorus mengatakan, pembangunan kegerejaan (umat Kristen) perlu terus dikembangkan di Provinsi Jambi. Pembangunan kegerejaaan tersebut tidak hanya penting untuk peningkatan kegiatan dan keamanan peribadahan umat Kristen.

Pembangunan kegerejaan tersebut juga penting guna meningkatkan partisipasi pembangunan umat Kristen di Jambi. Baik pembangunan ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia maupun pembinaan kerukunan umat beragama.

“Kami akan meningkatkan perhatian dan memperjuangkan pembinaan kegerejaan di Jambi selama duduk di DPRD Provinsi Jambi. Kami tidak akan melupakan komunitas kegerejaaan, karena kami sadar, kami bisa duduk menjadi wakil rakyat tidak terlepas dari doa dan dukungan warga gereja di Jambi termasuk dukungan Jemaat GKPS Jambi,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan anggota DPRD Kota Jambi periode 2024 – 2029, Djokas Siburian, yang juga baru dilantik 24 Agustus 2024 lalu.  Menurut Dkoas Siburian yang hadir bersama istri, gereja harus meningkatkan pemberdayaan ekonomi warga jemaat. 

Hal itu penting agar warga jemaat bisa meningkatkan penghasilan keluarga. Pembinaan warga jemaat tersebut juga penting memberikan solusi bagi ibu-ibu rumah tangga maupun pemuda mengatasi kesulitan pekerjaan.

“Selama ini, sebelum menjadi anggota DPRD Kota Jambi, kami sudah melaksanakan pemberdayaan usaha ekonomi kreatif, khususnya pembuatan kue (roti) bagi kaum ibu-ibu di lingkungan gereja. Ibu-ibu dari GKPS Jambi merupakan kelompok pertama yang mengikuti pemberdayaan tersebut. Setelah kami duduk di DPRD Kota Jambi, usaha ini akan diperluas,” kata Jokas Siburian yang selama ini bekerja di perusahaan PT Bogasari.

Kemudian Maria Magdalena mengatakan, selama empat periode menjadi anggota DPRD Kota Jambi hingga saat ini, DPRD Kota Jambi terus memperjuangkan menciptakan kerukunan dan toleransi kehidupan beragama di Kota Jambi.

Disebutkan, upaya menciptakan kerukunan dan toleransi umat beragama tersebut dilakukan dengan melakukan dialog-dialog sesama dan antarumat beragama. Melalui dialog tersebut berbagai pesoalan keagamaan, termasuk masalah hambatan pembangunan rumah ibadah (gereja) kini sudah mulai bisa diselesaikan.

“Kami berharap seluruh warga jemaat dan pengurus GKPS Resort Jambi juga bisa terus menjadi contoh membangun kerukunan dan toleransi umat bergama. Hal ini penting guna menciptakan situasi kondusif kehidupan masyarakat demi kemajuan pembangunan di Kota Jambi, termasuk pembangunan keagamaan,” katanya.

Sementara itu, utusan Pimpinan Sinode GKPS, Pendeta (Pdt) GKPS Resort Batam Barat, Pdt Afrizan Haloho, STh pada kesempatan tersebut mengapresiasi keberhasilan beberapa orang warga gereja di Kota Jambi bisa duduk di lembaga perwakilan rakyat DPRD Kota Jambi dan DPRD Provinsi Jambi.

Tampilnya warga gereja di DPRD Kota Jambi dan Provinsi Jambi diharapkan membawa manfaat positif bagi kehidupan warga gereja di Jambi. Aspirasi warga gereja di Jambi tentunya bisa diperjuangkan para anggota dewan yang berasal dari warga gereja.

“Kami berharap, kehadiran para anggota dewan dari kalangan warga gereja di Jambi bisa semakin mengayomi warga gereja. Harapan-harapan warga gereja di Jambi di berbagai bidang kehidupan, termasuk kerukunan umat beragama bisa diwujudkan para anggota dewan yang berasal dari warga gereja,”katanya.

Ketua Panitia Pesta Olob-olob 121 Tahun Injil di Simalungun Tingkat GKPS Resort Jambi, Afrin Saut Girsang pada kesempatan tersebut menyambut baik dan bangga atas kehadiran lima anggota DPRD dari kalangan warga gereja maupun dua balon kepala daerah pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi tersebut.

Dikatakan, kehadiran para anggota perwakilan rakyat tersebut tidak hanya menjadi kehormatan bagi warga GKPS Resort Jambi, tetapi juga memberikan keyakinan atas peningkatan perhatian kepada warga gereja atau umat Kristen di Kota Jambi dan di Provinsi Jambi.

“Semoga para anggota dewan dari kalangan warga gereja di DPRD Kota Jambi dan Provinsi Jambi bisa membawa dan memperjuangkan aspirasi kami warga GKPS dan warga gereja di Jambi umumnya. Kami juga mengharapkan para balon kepala daerah yang berhasil nanti tetap mau menghadiri acara kami dan membantu warga gereja kami ini,”katanya.

Sementara itu, puncak Pesta Olob-olob 121 Tahun Injil di Simalungun Tingkat GKPS Resort Jambi di GKPS Jambi, Minggu (15/9/2024) berlangsung meriah. Puncak ibadah Pesta Olob-olob tersebut diawali dengan ibadah bersama di gereja GKPS Jambi.

Ibadah bersama yang dihadiri sekitar 500 orang warga GKPS Resot Jambi tersebut dimpimpin Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Rudyard N Saragih, SSi-Theologia didampingi Pdt Franki D Malau, STh, Penginjil Larmawati Br Purba dan Pengurus GKPS Resort Jambi.

Khotbah pada ibadah Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi tersebut dibawakan utusan Pimpinan Sinode GKPS, Pdt Afrijan Haloho, STh dari GKPS Resort Batam Barat. Pdt Afrijan Haloho sendiri pernah melayani sebagai Pendetea GKPS Resort Jambi tahun 200o – 2006.

Ibadah Pesta Olob-olob GKPS Jambi tersebut berlangsung semarak berkat penampilan tim paduan suara Seksi Bapa GKPS Resort Jambi yang akan bertanding mengikuti Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Seksi Bapa se-GKPS di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Minggu (6/10/2024). Kemudian tim paduan suara Wanita GKPS Resort Jambi juga turut memeriahkan ibadah tersebut.

Suasana ibadah lebih semarak lagi berkat penampilan kelompok vokal grup sektor-sektor dari GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan Jambi pada lomba vokal grup yang digelar pada ibadah tersebut. 

Setiap kelompok vokal grup cukup piawai melantunkan lagu yang diperlombakan, “Puji Ma Tuhanta In” (Pujilah Allah) karya cipta komponis Simalungun, St Sahman Purba dari Kota Medan, Sumut.

Bertindak sebagai Juri Sayembara Vokal Group dengan Judul Lagu "PUJI MA TUHANTA IN" Cipt St Sahman Purba SPd ini yakni Pdt Franky Doris Morinata Malau STh, St TI Dabukke dan Penginjil Larmawati Br Purba. 

Kemudian juri mengumumkan hasil sayembara Vocal Group pada Minggu petang sebelum seluruh rangkaian kegiatan Pesta Olob-Olob GKPS Resort Jambi ditutup dengan Doa. Juara I: Sektor Korintus GKPS Jambi, Juara II: Sektor Efesus GKPS Jambi, Juara III: Sektor Filipi GKPS Jambi, JUara IV: Tim VG GKPS Tanah Kanaan Jambi.

H A Rahman, St Ir Daulat Sitorus, Djokas Siburian ikut "Manortor"pada Pesta Olob-Olob GKPS Resort Jambi di GKPS Jambi, Minggu (15/9/2024). (Foto: Moses Juneri Manihuruk)

Manortor

Kemeriahan Pesta Olob-olob 121 Injil di Simalungun Tingkat GKPS Resort Jambi kian terasa pada perayaan yang dilaksanakan di lapangan GKPS Jambi. Pentas musik dan tortor (tarian) bersama untuk penggalangan dana pada kesempatan tersebut mendapatkan sambutan antusias seluruh warga jemaat GKPS Resort Jambi dan marga-marga Simalungun di GKPS Jambi.

Manortor dari kumpulan "Marga-Marga" yang ada di Jemaat GKPS Resort Jambi membuat suasana manortor tambah meriah. 

Grup musik Pariban Entertainment Jambi dengan artis andalannya Hirim Br Zendrato tampil maksimal menyuguhkan lagu-lagu favorit Simalungun, Karo, Toba dan pop Indonesia. Baik ketika menyuguhkan hiburan maupun mengiringi tortor bersama.

Perayaan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi tersebut juga dirangkai dengan penggalangan dana melalui lelang makanan (kuliner) khas Simalungun, Dayok Nabinatur (Ayam yang dimaksa dan dikemas dengan bentuk teratur), ikan nila yang dibakar dengan sambal khas (nila tombur), ikan mas arsik (pepes) dan buah-buahan.

Dari laporan Ketua dan Sekretaris Panitia Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, C.Sy Afrin Saut Girsang dan St Friston R Sinaga SPd di penghujung acara, dan yang terkumpul dari penggalangan pesta olob-olob tersebut mencapai Rp 147 juta. Mereka menyampaikan terima kasih atas doa, dukungan dan partisipasi seluruh warga jemaat GKPS Resort Jambi pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi Tahun 2024.

Jemaat GKPS Resort Jambi yang menghadiri pesta olob-olob tersebut berasal dari GKPS Jambi, GKPS Tanah Kanaan, GKPS Persiapan Simampang Rambutam, Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Pos PI Bayung Lencir GKPS Jambi, Bayunglencir, Kabupaten Musi Bantuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Vokal Group Syaloom Pada "Malam Marsombuh Sihol", Sabtu (14/9/2024). 


Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi juga dimeriahkan dengan pegelaran seni– budaya Simalungun, “Marsombuh Sihol (Melepas Rindu) di lapangan gereja GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu (14/9/2024) malam.

Malam Marsombuh Sihol tersebut diawali dengan penampilantim tari Pemuda GKPS Tanah Kanaan membawakan tortor sombah (tarian sekapur sirih versi Simalungun). Grup musik Pariban Entertainment Jambi dengan pemusik, Kybordis Bp Arief Guna Girsang dan Artisnya Inang Hirim Marito Zendrato. 


Artis dari Sektor Korintus GKPS Jambi ini, menyuguhkan hiburan penuh kenangan dengan melantunkan lagu-lagu Simalungun pada malam kesenian tersebut. Malam "Marsombuh Sihol"ini Simalungun ini juga menampilan talent GKPS Jambi dengan membawakan lagu-lagu Simalungun.

Seperti penampilan dari Tim Vokal Group Syaloom A dan B, Trio Bapa Sektor Filipi (St Drs Bekotman Sipayung, St Andi Garingging, Sy HE Saragih), Trio Girsang, Sekretaris GKPS Resort Jambi, St TI Dabungke dan Wakil Ketua GKPS Resort Jambi, St Radesman Saragih S Sos.

Sementara itu beberapa kegiatan Porseni Pra-Olob-olob GKPS Resort Jambi juga digelar sejak Minggu 25 Agustus 2024 hingga Minggu 15 September 2024. Kegiatan Porseni ini melibatkan semua kelompok umur dengan perlombaan bercerita tentang Pekabaran Injil, Berpacu Doding Haleluya, Katekhisasi, Futsal, Tari Kreasi Simalungun, Volly dan Vokal Group. 

Pelaksanaan Porseni Pra-Olob-Olob GKPS Resort Jambi Tahun 2024 diantaranya lomba Bercerita Pekabaran Injil, Katekhisasi, Berpacu Doding Haleluya, Futsal Anak Sekolah Minggu, Lomba Tari Kreasi Simalungun, Bola Volly dan Vokal Group berjalan dengan baik. Pelaksanaan berjalan sejak 25 Agustus 2024 hingga 15 September 2024. Pemberian hadiah dan piagam dilaksanakan pada Minggu malam (15/9/2024).


Hasil Pertandingan Futsal ASM

Juara 1 

TIM D
1. Ezer Twopama Manihuruk
2. Marcelo Dabukke
3. Mathew (Kanaan)
4. Rehan
5. Rido
6. El Nathan Sinaga
7. Miracle Munthe
8. Hazael Girsang

Juara 2 
TIM C
1. Jorgi Purba
2. Valent Sitanggang
3. Carlos ( Kanaan)
4. Rafael
5. Pahala
6. Steven Garingging
7. Jevan Sipayung
8. Chiko

Juara 3 
TIM B
1. Elju Girsang
2. Kiel Saragih
3. Justin (Kanaan)
4. Deandra P
5. Rafael Saragih
6. Alfaro Damanik
7. Kenzo Sinaga
8. Sandro.
***
Lomba Berpacu Haleluya 

Juara I 
Sektor Korintus
 
1. St. FR Sinaga
2. St.JH Karokaro
3. St. E br Sitopu
4. Inang Lisbet Br Sinaga.

Juara II
Sektor Filipi 

1.St.L.br.Manik
2.C.Sy.EL.br.Munthe
3.St.AM.Garingging
4.Sy.HE.Saragih

Juara III
Sektor 2 GKPS Tanah Kanaan Jambi

1.C. Sy. SJ Simarmata
2.C.Sy M Br Nainggoolan
3.Ny St D Rumahorbo Boru Haloho
4.Bp.R.Dabukke.
***

Peserta Lomba Bercerita Pekabaran Injil 

Juara I: Putricia Ester Yovanka Karokaro
Juara II: Melly Br Simarmata
Juara III: Ezer Twopama Manihuruk

-Eiffel Riberio Lingga 
-Oku Martin Saragih
-Alvaro Damanik
***
Peserta Khatekhisasi
 
Juara I

Kelompok 1. 
1.Agus Purba
2.Natalia Damanik
3.Irvan Sidabalok
4.Septa Barus

Juara II

Kelompok 4: 
1.Moses Manihuruk
2.Frederick Dabukke
3.Tania Girsang
4.Yesica Silitonga.

Juara III

Kelompok 3: 
1.Vani Sitopu
2.Yunike Karokaro
3.Desprianto Purba
4.Faldo Girsang

Kelompok 2: 
1.Jimmy Purba
2.Sirman Purba
3.Vinia Purba
4.Sandra Saragih

***

Juara Volly
Juara I: Tim Sektor II GKPS Tanah Kanaan Jambi
Juara II: Tim Sektor I GKPS Tanah Kanaan Jambi
Juara III: Tim Sektor Korintus GKPS Jambi

***
Lomba Tarian Kreasi Simalungun ASM 

Juara I: ASM Sektor Korintus GKPS Jambi
JuaraII: ASM GKPS Tanah Kanaan Jambi
Juara III: ASM Sektor Efesus GKPS Jambi

***
Lomba Vocal Group 
Juara I: Sektor Korintus GKPS Jambi
Juara II: Sektor Efesus GKPS Jambi
Juara III: Sektor Filipi GKPS Jambi
JUara IV: Tim VG GKPS Tanah Kanaan Jambi

Selamat Kepada Seluruh Peserta dan Pemenang.

Pemberian Hadiah Juara Vokal Group, Minggu (15/6/2024).


Galeri Foto Balon Cagub dan Cawako Serta Anggota Dewan Hadiri Pesta Olob-Olob GKPS Resort Jambi Tahun 2024
dr Amran Sinaga dan Istri dr Br Girsang










Utusan Cagub Romi Haryanto





Djokas Siburian dan Istri

Ir St Daulat Sitorus









H A Rahman


















Maria Magdalena Br Tampubolon
















Hendra Bongsu









Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar