Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Visi MERAKYAT Paslon Gubernur Jambi Romi-Sudirman, Dari Ekonomi Inklusif Hingga Insentif Gaji Pokok Guru Tidak Tetap SMA Sederajat Rp.500.000 Per Bulan


Jambi, J24-Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Romi haryanto-Sudirman telah memaparkan Visi secara terbuka, baik dihadapan tokoh masyarakat, akademisi, organisasi massa hingga ke publik secara luas. Visi Romi-Sudirman sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jambi untuk periode mendatang adalah “Meningkatnya Kesejahteraan Rakyat yang Maju, Adil, dan Berdaulat (MERAKYAT 2029).

Berikut ini pemaparan secara lengkap Visi Paslon Gubernur Jambi Romi-Sudirman yang dierima Redaksi J24

Visi ini menggambarkan harapan untuk mewujudkan Jambi yang maju, sejahtera, adil, dan berdaulat di berbagai aspek kehidupan dalam lima tahun ke depan. Visi ini diimplementasikan melalui empat sasaran prioritas pembangunan, yaitu peningkatan ekonomi inklusif, kualitas sumber daya manusia, pelestarian lingkungan, dan konektivitas infrastruktur.

Pertama, Jambi MERAKYAT Gemilang Ekonomi Inklusif (JAMBI GEMOI), fokus pada peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Beberapa langkah yang akan dilakukan di antaranya adalah mengembangkan kawasan agrowisata terpadu di Danau Sipin dan mengelola industri olahan dari produk unggulan daerah. 

Romi-Sudirman juga berkomitmen untuk menjalankan hilirisasi pertambangan batu bara yang ramah lingkungan serta mempersiapkan pembangunan infrastruktur penting, seperti Bandara Perintis dan tol laut di Muara Sabak. Selain itu, mereka akan membangun flyover di Simpang Mayang Kota Jambi dan Mendalo Muarojambi, serta mengembangkan sentra perikanan dan agro mina wisata di Pematang Jering dan Tangkit.

Tidak hanya itu, Romi-Sudirman akan merevitalisasi kawasan Pasar Jambi agar lebih bernuansa budaya dan ramah lingkungan, serta mengembangkan pelabuhan di Provinsi Jambi. 

Di bidang pertanian, mereka akan membangun cold storage di Merangin untuk hasil pertanian, serta mengelola kawasan budidaya tanaman pangan sebagai lumbung pangan. 

Untuk mendukung UMKM, Romi-Sudirman akan memberikan insentif fiskal dan menciptakan lapangan kerja melalui bursa kerja online (Job Fair Merakyat), serta mendorong UMKM naik kelas dengan program “Satu Desa Satu UMKM (SDSU)” dan industri kreatif.

Kedua, Jambi MERAKYAT Sehat dan Pandai (JAMBI SEHATI), dengan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia serta perlindungan sosial bagi masyarakat rentan. Program unggulan dalam bidang pendidikan mencakup insentif gaji pokok sebesar Rp.500.000 per bulan untuk guru tidak tetap di SMA/SMK, serta menyediakan 1000 beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa. 

Romi-Sudirman juga mendukung pengembangan pesantren melalui berbagai kegiatan, seperti Musabaqah Qira’atil Kutub, Liga Santri, dan kemah bersama, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan pesantren.

Di sektor kesehatan, mereka berkomitmen untuk memperluas cakupan layanan kesehatan universal (UHC) dan meningkatkan jaminan sosial ketenagakerjaan universal (JAMSOSTEK). 

Untuk mendukung pencari kerja, khususnya lulusan baru, Romi-Sudirman akan memberikan bantuan modal dan menyediakan fasilitas bagi usaha pemula (startup). Selain itu, mereka juga akan meningkatkan kapasitas milenial dan generasi Z melalui program Creative Hub dan bantuan kepemudaan.

Ketiga, Jambi MERAKYAT Bermartabat dan Lestari (JAMBI BESTI), berfokus pada tata kelola pemerintahan yang baik dan pembangunan berkelanjutan berbasis digital. Romi-Sudirman berencana memberikan bantuan keuangan sebesar Rp.300 juta per desa/kelurahan, serta mendukung inisiatif menuju zero emission carbon. 

Mereka juga akan mengelola sungai Batanghari agar bersih dan dapat menjadi sumber protein hewani, serta mengembangkan kawasan Bajubang dan Muara Tembesi sebagai heritage mining. Salah satu tujuan besar mereka adalah menjadikan Geopark Merangin sebagai destinasi wisata kelas dunia. Di tingkat komunitas, mereka akan memberikan bantuan untuk sarana/prasarana rukun tetangga (RT), serta merevitalisasi pasar tradisional di Jambi.

Keempat, Jambi MERAKYAT Terkoneksi ke pelosok hingga daerah terisolir (JAMBI TERSOHOR), bertujuan meningkatkan pemerataan pembangunan antarwilayah melalui pembangunan infrastruktur. Mereka akan memastikan konektivitas di berbagai daerah melalui operasional Bandara Muara Bungo dan meningkatkan koneksi ke jalan tol, termasuk ke desa-desa terpencil seperti Baleno, Simpang Ness, Desa Gerunggung, dan Dusun Mudo. Pembangunan jalan di wilayah seperti Sungaipenuh, Kerinci, Margoyoso-Betung Bedarah, Padang Lamo, serta Bukit Paku-Merlung juga menjadi prioritas.

Lebih jauh visi Romi-Sudirman akan mengembangkan konektivitas di sepanjang Pantai Timur Sumatra, yang menghubungkan Indragiri Hilir, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Muarojambi, dan Kota Jambi, demi mendukung pengembangan kawasan ekonomi Pantai Timur yang strategis.

Dengan visi “MERAKYAT 2029”, Romi-Sudirman bertekad untuk membangun Provinsi Jambi yang lebih maju dan sejahtera, dengan adil dan berdaulat di berbagai bidang, serta memastikan bahwa pembangunan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, dari perkotaan hingga pelosok.
Peluncuran Visi-Misi, Romi-Sudirman  dihadiri tim pemenangan se Provinsi Jambi, Sabtu (19/10/2024) dan ditanggapi para ahli. 

Peluncuran Visi-Misi

Sebelumnya peluncuran Visi-Misi, Romi-Sudirman  dihadiri tim pemenangan se Provinsi Jambi, Sabtu (19/10/2024) dan ditanggapi para ahli. Romi-Sudirman satu-satunya pasangan calon gubernur Jambi yang berani memaparkan visi-misi serta langsung ditanggapi oleh ahli di bidangnya masing-masing. 

Adapun ahli yang hadir adalah ahli di bidang Pekerjaan Umum, Ekonomi, Pendidikan dan Lingkungan. Calon wakil gubernur Jambi Letjend (Purn) Sudirman mengatakan melalui visi dan misi ini pihaknya akan optimistis membawa Jambi lebih baik dan senantiasa di Ridhoi oleh Allah SWT.

Dia juga meminta pada pakar dan ahli yang hadir untuk memberikan masukan agar program visi-misi bisa berjalan lebih baik untuk Jambi Merakyat 2024. “InsyaAllah kita akan menang. Mohon kritik dan masukan dari para pakar untuk masukan program kita ini, ” ujar Sudirman.

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan Laksamana Jaya Darmawan mengatakan akan optimistis akan bisa menjalankan visi-misi dan program sehingga seluruh masyarakat Jambi dapat merasakan visi misi ini. "Kita optimistis visi ini berjalan dan semua masyarakat Jambi dapat merasakan program ini, ” katanya.

Sementara itu Ketua Harian Fadli Sudria mengatakan ini tim Romi-Sudirman melawan penguasa mereka banyak fasilitas. “Ini perjuangan yakinlah Romi-Sudirman tidak akan lupa dengan kita semua, ” ujarnya.

Dia minta semua harus serius untuk mensosialisasikan visi misi Romi-Sudirman. "Tidak bayar kok cuma modal jempol. Jangan menyerang, semua itu fitnah dan hoax. Jangan kita menyerang, jangan mengejek," katanya. (J24-Red) 


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar